lkmm 1

Latihan Ketrampilan Manajemen Mahasiswa tingkat Dasar atau biasa disebut LKMM-D adalah acara rutin tahunan yang diselenggarakan oleh Departemen Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa BEM Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro. Acara LKMM-D ini yang diselenggarakan pada tanggal 17-18 Mei 2014 merupakan acara tingkat lanjut dari LKMM Pra Dasar yang telah diikuti mahasiswa tingkat pertama di Fakultas Psikologi. Acara ini lebih ditujukan khusus untuk mahasiswa Fakultas Psikologi dan beberapa mahasiswa dari fakultas lain di UNDIP yang ingin menjadi pengurus dalam organisasi kampus atau menjadi organisatoris aktif di kampus dengan bidangnya masing-masing. Acara yang terdiri dari 2 hari ini terbagi ke dalam dua sesi. Sesi pertama di hari pertama berupa pemberian materi di dalam ruangan oleh beberapa narasumber, dan sesi kedua di hari kedua berupa outbound di luar ruangan.

Sesi pertama adalah sesi indoor berupa pemberian materi-materi, yaitu Manajemen Konflik & Motivasi Teamwork, Manajemen SDM dalam Organisasi, Manajemen Isu, Urgensi Media, dan Manajemen Aksi. Sesi pertama ini berlangsung di Gedung BKK Jawa Tengah Semarang. Pada sesi ini dibuka banyak sekali sesi tanya jawab yang diselingi penampilan video yang dibuat oleh peserta yang berhubungan dengan judul materi.

lkmm 2

lkmm 3

lkmm 4

Pada sesi ini, terdapat juga praktik langsung setelah pemberian materi yaitu berupa simulasi aksi, dimana peserta yang dibantu oleh beberapa panitia dibagi menjadi beberapa tim koalisi, pro kontra, dan diberikan peran-peran penting dalam sebuah aksi. Simulasi aksi ini bertujuan agar para peserta bisa mengerti cara untuk aksi dan menyampaikan pendapat ke umum secara benar itu bagaimana, dan juga agar para peserta dapat berfikir mana isu yang seharusnya dikaji dan bagaimana mengkajinya.

lkmm 5

lkmm 6

Sesi kedua adalah sesi luar ruangan yang berupa kegiatan outbound. Sesi kedua ini diselenggarakan di tempat yang berbeda dengan sesi pertama, yaitu di Lapangan Outbound Salatiga. Para peserta yang telah dibagi menjadi beberapa kelompok diharuskan berkeliling ke beberapa pos untuk memecahkan teka-teki permainan sambil menerapkan sebagian materi tentang team work yang sudah diberikan hari sebelumnya. Jalannya permainan dipandu oleh beberapa instruktur ahli yang juga ditemani oleh observer dari masing-masing kelompok.

lkmm 7lkmm 8lkmm 9

Pada setiap posnya, para peserta tidak hanya memecahkan suatu permainan menggunakan kekompakan serta kemampuan berpikir mereka saja, tetapi juga diberikan “The Brief” yaitu inti dan tujuan dari adanya permainan tersebut yang kemudian bisa direpresentasikan ke kehidupan organisasi mereka.

lkmm 10

lkmm 11Pada akhir sesi kedua sekaligus penutupan acara LKMM-D ini, diumumkan siapa yang menjadi peserta terbaik serta kelompok terbaik selama rangkaian acara selama 2 hari. Pengumuman disertai dengan adanya pemberian bingkisan kepada para peserta oleh ketua acara LKMM-D tahun ini, Miftah Setyaning Rahma. [MSR]

lkmm 12