Pekan Ilmiah Mahasiswa atau biasa disebut PIM adalah salah satu program unggulan dari Departemen Pendidikan, Penelitian, Minat dan Bakat BEM Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 24 Mei 2014. Program kerja ini terdiri dari serangkaian kegiatan yaitu perlombaan PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) dan seminar yang diikuti oleh mahasiswa dari angkatan 2011-2013. Acara ini bertempat di Aula Dekanat Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro dengan tema “Bring Out Your Innovation”. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan iklim ilmiah dan menciptakan atmosfer akademik di kampus Fakultas Psikologi demi mewujudkan generasi yang kompetitif.

pim 1
Para juri yang sedang menanyakan beberapa hal terkait dengan presentasi Program Kreativitas Mahasiswa.

Perlombaan PKM sendiri diikuti oleh 11 tim yang terdiri dari 43 mahasiswa. Setelah dilakuakan proses penjurian, dihasilkan juara pertama dari perlombaan PIM ini adalah tim yang beranggotakan Tessa Revananda, Thrias Wiharyanto, Fiqhunnisa Ulumuddin dan Alverly Noverianto dengan judul PKM “Sosio Krama sebagai Upaya Membangun Moral dan Nasionalisme Siswa kelas IV dan V SDN 01, 02 Banyumanik Semarang”.

pim 2
Salah satu peserta PIM, Thrias Wiharyanto dari angkatan 2011, sedang menjawab pertanyaan dari para juri.
pim 3
Para juara bersama juri PIM 2014.

Selain perlombaan PKM, diadakan pula seminar yang bertujuan untuk mengupas tips menembus PIMNAS dengan pembicara Arie Rahmadi, mahasiswa Sistem Komputer Fakultas Teknik Universitas Diponegoro yang telah berhasil meraih medali emas pada PIMNAS tahun 2013 lalu. Semoga dengan adanya acara PIM ini bisa meningkatkan iklim ilmiah di lingkungan kampus Fakultas Psikologi tercinta. [CPS]

pim 4
Arie Rahmadi, pembicara yang merupakan peraih medali emas PIMNAS 2013, sedang memberikan tips menembus PIMNAS.