odtt 1

Universitas Diponegoro adalah salah satu universitas di Indonesia yang mempunyai tujuan menjadi World Class University (WCU). Gunamemenuhi tujuan tersebut diperlukan lulusan yang berkompeten dalam bidang akademik. Selain dalam bidang akademik, lulusan Universitas Diponegoro juga harus berkompeten dalam bidang bahasa internasional yaitu bahasa Inggris. Tolak ukur internasional untuk menilai kompetensi bahasa Inggris adalah dengan Test Of English As A Foreign Language (TOEFL). Universitas Diponegoro sendiri sudah mewajibkan kepada mahasiswanya untuk mengumpulkan sertifat TOEFL sebagai bukti kemampuan mahasiswa dalam bahasa Inggris pada akhir kuliah.

Menanggapi hal tersebut Departemen Kesejahteraan Mahasiswa BEM Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro mencoba untuk memfasilitasi mahasiswa dalam TOEFL. Selain itu kami juga mengadakan One Day Training for TOEFL untuk membantu peserta agar lebih mudah dalam mengerjakan TOEFL nantinya.

ODTT tahun ini diselenggarakan pada tanggal 8 dan 11 Juni 2014. Training TOEFL pada hari Minggu, 8 Juni 2014. Untuk test nya dilakukan tiga hari setelahnya yakni pada Rabu, 11 Juni 2014 di SEU Pleburan.

odtt 2

Para mahasiswa yang ingin mengikuti seminar training TOEFL pada hari Minggu 8 Juni 2014, diharuskan untuk registrasi terlebih dahulu ditempat yang sudah disediakan. Seminar ini berisi cara-cara dalam mengatasi soal-soal TOEFL dengan cepat dan cermat. Tagline ODTT 2014 adalah “Spirit for Incrising!”.

odtt 3
Pembukaan Acara oleh MC-Kak Dotta & Kak Cheppy
odtt 4
Sambutan ketua panitia oleh Ani Shofwatillah dari Departemen Kesejahteraan Mahasiswa.
odtt 5
Sambutan ketua BEM F.Psikologi 2014 oleh Kak Bonyta Ermintika Rizkiani.
odtt 6
Pemaparan materi oleh Mr. Agung Pambudi yang merupakan tentor di LIA.

odtt 7

Mr. Agung sebagai pengisi acara dalam seminar training TOEFL memberikan kiat-kiat menghadapi soal-soal TOEFL yang selama dianggap sulit bagi sebagian masyarakat. Dalam seminar ini, peserta mendapatkan seminar kit yang berupa lampiran isi materi seminar, notebook, pulpen dan map.

Di sela-sela materi, seluruh peserta dan panitia mengikuti ice breaking yang dipandu Mr. Agung.

odtt 8
Pemateri memberikan Ice Breaking kepada peserta ketika peserta terlihat sudah tidak terlalu fokus pada apa yang dipaparkan oleh pemateri.

odtt 9

Setelah materi dipaparkan, saatnya uji pemahaman dengan latihan soal.

odtt 10

Setelah selama kurang lebih 3 jam menerima pemaparan mengenai cara mengerjakan tes TOEFL, saatnya para peserta mengerjakan contoh-contoh soal TOEFL yang telah disediakan oleh pemateri. Soal TOEFL yang sudah dikerjakan oleh peserta kemudian dibahas bersama-sama oleh pemateri.

After that, it’s time to have lunch!

odtt 12
Saatnya makan siang bagi para peserta setelah seharian mengikuti seminar One Day Training for TOEFL.

odtt 11

Setelah makan siang dilanjutkan oleh mengerjakan soal TOEFL di sesi berikutnya.

odtt 13

Sebelum penutupan, terdapat penyerahan serifikat untuk pemateri oleh Kak Bonyta Ermintika selaku Ketua BEM Fakultas Psikologi.

odtt 14

Setelah seluruh rangkaian acara One Day Training for TOEFL selesai, sebagai perbaikan untuk acara kedepanya panitia membagikan lembar evaluasi kepada peserta. [AS-GA]

odtt 15