Seminar dan Workshop Psikologi Terapan merupakan program baru dari Departemen Pendidikan, Penelitian, Minat dan Bakat BEM Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 14 Juni 2014 dan baru pertama kali digagas serta dijadikan sebagai salah satu program kerja. Bentuk dari kegiatan ini adalah seminar dan workshop. Harapan dari diadakannya Seminar dan Workshop ini adalah seorang individu akan dapat mengetahui bagaimana cara mengelola psikisnya dengan baik, yang akan berdampak positif pula terhadap fisiknya.  Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan dunia psikologi kepada masyarakat umum yang selama ini telah keliru dalam mempersepsikan psikologi. Setelah diadakannya Seminar dan Workshop ini, diharapkan masyarakat dapat menerapkan ilmu yang telah diberikan dalam kehidupan sehari-hari.

terapan 1
Workshop Psikologi Terapan “The Power of Catharsis” adalah workshop pertama yang dilaksanakan oleh BEM Psikologi UNDIP dengan tema menarik yang berhasil membuat banyak orang tertarik untuk mengikutinya.

Tema dari kegiatan ini adalah “The Power of Catharsis”. Kata catharsis atau dalam bahasa Indonesia katarsis adalah suatu proses pengeluaran emosi (cenderung negatif) yang terpendam dari dalam diri seseorang. Katarsis sendiri memiliki kekuatan luar biasa yang belum diketahui oleh banyak orang. Tujuan pemilihan tema katarsis ini sendiri adalah untuk memberi tahu kepada masyarakat bahwa katarsis itu diperlukan dalam kehidupan sehari-hari untuk menjadikan hidup lebih baik.

Pembicara dalam seminar katarsis ini adalah Pak Yohanis Frans La Kahija, atau kerap disapa Pak Hans, yang sudah tidak asing lagi di mata mahasiswa Psikologi UNDIP. Beliau adalah dosen di Fakultas Psikologi yang juga sangat berkompeten di bidang hipnoterapi. Sedangkan pembawa materi untuk workshop katarsis ini adalah Pak Haryadi yang merupakan seorang manager dari Neo Self Improvement. Kegiatan ini berlangsung di Hotel Pandanaran, Semarang. Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 100 orang, yang berasal dari mahasiswa UNDIP itu sendiri dan juga masyarakat umum. [CPS-KWP]

terapan 2
Dua MC kita yaitu Kak Todo dan Kak Dota sedang membuka acara Workshop Psikologi Terapan yang berlangsung di Hotel Pandanaran Semarang.
terapan 3
Sebelum acara dimulai, ada penampilan dari Independance, komunitas tari yang ada di Fakultas Psikologi UNDIP.
terapan 4
Inilah salah satu pemateri kita yang merupakan salah satu dosen di Fakultas Psikologi UNDIP, Pak Yohannes La Kahija, M.Sc.
terapan 5
Dan ini adalah Bapak Haryadi, S.T, C.Ht manager dari Neo Self Improvement yang menjadi pemateri inti dalam Workshop Psikologi Terapan.
terapan 6
Para panitia workshop yang sedang berbincang-bincang selagi break acara.
terapan 7
Para peserta workshop tidak ingin ketinggalan berfoto bersama dua pemateri kita.
terapan 8
Dan inilah orang-orang yang berjasa dibalik kesuksesan acara Workshop Psikologi Terapan.