CIMG0080

Universitas Diponegoro menyediakan beberapa jalur penerimaan mahasiswa baru pada tahun 2015, yang didasarkan atas ;

  • Peraturan Pemerintah no. 66 tahun 2010 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan.
  • Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 34 Tahun 2010 tentang Pola Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana pada Perguruan Tinggi yang diselenggarakan oleh Pemerintah, sistem penerimaan mahasiswa baru program sarjana pada perguruan tinggi dilakukan melalui seleksi secara nasional dan bentuk lain.
  • UU no 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi.

Dalam pelaksanaanya seleksi masuk ini terbagi atas seleksi nasional dan seleksi secara lokal atau mandiri.

Adapun jalur-jalur penerimaan mahasiswa baru untuk tahun 2015 adalah sebagai berikut ;

  1. Seleksi Nasional
  • SNMPTN

Pelaksanaan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dilaksanakan dibawah tanggung jawab DIKTI Kemendikbud, seleksi ini dilakukan oleh seluruh perguuran tinggi negeri dan diikuti oleh siswa dari seluruh Indonesia. seleksi ini juga merupakan suatu sistem penerimaan mahasiswa terpadu yang dilaksanakan oleh panitia SNMPTN yang ditetapkan oleh DIKTI. Sementara itu untuk biaya pendaftaran SNMPTN merupakan tanggung jawab pemerintah, dengan kata lain peserta tidak menanggung biaya apapun.

  • SBMPTN

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN) jalur tertulis dan/atau keterampilan, merupakan betuk seleksi penerimaan mahasiswa baru yang dilaksanakan di bawah tanggung jawab majelis Rektor Perguruan Negeri Tinggi Indonesia. Adapun untuk perndaftaran SBMPTN dilakukan sekitar bulan Mei 2015, sedangkan untuk biaya nya ditanggung oleh peserta seleksi.

  1. Seleksi Mandiri
  • Seleksi Mandiri merupakan bentuk seleksi penerimaan mahasiswa baru yang dilaksanakan khusus oleh Universitas Diponegoro, seleksi ini dilakukan dalam bentuk ujian tertulis. Seleksi Mandiri atau Ujian Mandiri dilaksanakan dibawah tanggung jawab Rektor Universitas Diponegoro. Untuk biaya seleksi sendiri di tanggung oleh peserta seleksi, adapun pelaksanaanya sendiri dilakukan sekitar bulan Mei 2015. Info lebih lanjut bisa diakses disini

 

dikutip dari ;http://um.undip.ac.id/