liburan1

“Horeee!!” sontak para siswa bersorak gembira setelah mendengar paparan dari sang Guru mengenai waktu liburan sekolah. Apa yang anda pikirkan mengenai liburan?? Liburan merupakan salah satu momen yang paling dinanti kedatangannya oleh kita semua, khususnya para pelajar. Berbagai tugas dan rutinitas kehidupan selama periode tertentu rupanya cukup menjenuhkan sehingga menuntut waktu luang untuk refreshing. Tak jarang kita dengar pengakuan beberapa orang yang mengaku sebagai orang paling sibuk sedunia hingga tak sempat untuk mengunjungi saudaranya, bahkan tersenyum atau bertegur sapa dengan tetangganya pun tidak. Wah..wah.. jangan sampai kita seperti itu ya, tetaplah tersenyum meski banyak pekerjaan yang menanti untuk diselesaikan  Oleh karenanya, tak perlu dipungkiri jika berlibur ternyata sangat penting untuk mengistirahatkan sejenak jiwa dan raga dari kejenuhan rutinitas harian. Kejenuhan dapat membuat tubuh merasa lelah sehingga mengganggu kelancaran aktivitas. Selain mempengaruhi kesehatan jasmani, kelelahan juga dapat mempengaruhi kesehatan psikis kita. Seseorang yang kelelahan secara psikis cenderung akan mengalami bad mood yang mengganggu aktivitas khususnya dalam berkomunikasi dengan orang lain.
Liburan memang menyenangkan. Ia membuat kita merasa bak sang Penguasa Waktu yang dapat mengendalikan kegiatan apapun sesuai kehendak kita sendiri. Sang Penguasa Waktu akan berjaya jika ia cerdas memahami peluang emas nya. Namun banyak pula diantaranya yang gagal karena terbuai oleh kekuasaan nya.
Liburan bukan lah kekosongan yang harus dinikmati, namun ia adalah peluang yang perlu ditekuni. Banyak hal yang dapat kita manfaatkan di waktu libur. Jika kita merenungi diri kita, niscaya banyak sekali hal yang terlewat diantara kesibukan rutinitas harian dan dapat kita penuhi di waktu libur. Mungkin kita terlalu sibuk sehingga kita lalai dan lengah terhadap orang-orang berharga di sekitar kita, lingkungan hidup yang menaungi kita atau mungkin juga peng-up grade-an diri kita sendiri. Renungkan dan putuskan hal terbaik yang perlu dibayarkan di waktu luang kita. Selamat menikmati ketentraman jasmani dan rohani dengan berlibur

Dwi Retno C