kaa1

Enam puluh tahun sudah berlalu ketika pertama kalinya Konfrensi Asia Afrika diselenggarakan di Indonesia. Ya, sebuah konfrensi yang menandai munculnya babak baru dalam percaturan politik luar negeri Indonesia, serta perubahan global yang memunculkan semangat baru bangsa-bangsa di Asia dan Afrika. Perang dingin antara blok barat yang di pimpin oleh Amerika serta blok timur yang di komandani oleh Soviet menjadi ancaman tersendiri bagi negara-negara yang kala itu baru merdeka, salah satunya adalah Indonesia. Perang dingin ideologi, sampai dengan perlombaan senjata diantara kedua kubu tersebut, serta rayuan-rayuan maut untuk bergabung dalam salah satu kubu menjadi perhatian khusus politik luar negeri Indonesia serta negara lainnya di Asia dan Afrika.

Namun begitu hal tersebut kini telah menjadi masa lalu, menjadi catatan dalam sejarah kehidupan manusia dalam lubuk-lubuk perjalanan berbagai bangsa. Tetapi lain halnya dengan KAA, sekalipun perang dingin telah berakhir setelah jatuhnya pemerintahan komunis Uni Soviet, problematika yang harus dihadapi oleh negera-negara Asia dan Afrika tidak hilang begitu saja, masalah ekonomi, kesehatan, kemanusia dan perdamaian serta kebudayaan menjadi suatu kajian-kajian tersendiri dalam konfrensi yang diikuti oleh negara-negara di Asia dan Afrika.

Lalu adakah makna dan semangat yang bisa kita ambil dari konfrensi tersebut, hal tersebut tentu selalu ada. Semangat itu adalah sebuah harapan, sebuah harapan baru untuk menjadi bangsa yang lebih baik, menuju kemerdekaan yang seutuhnya yang diharapkan dan dicita-citakan oleh setiap negri.

Dengan diadakanya KAA kali ini, begitu besar harapan yang diberikan kepada bangsa-bangsa di Asia dan Afrika untuk membangun kerja sama yang lebih baik, menciptakan situasi yang lebih stabil serta pembangunan ekonomi melalui perdagangan dan kerja sama internasional.

Namun konferensi hanyalah menjadi konferensi, apakah KAA ini hanya akan menjadi euforia semata yang kemudian terlupakan begitu saja, ataukah ada suatu yang benar-benar akan terwujud, sesuatu yang mungkin akan mengubah nasib dunia global kearah yang lebih baik.