cropped-cropped-theme-header

Psikologi transpersonal merupakan salah satu aliran dalam ilmu psikologi, dan merupakan aliran termuda dibandingkan dengan aliran lainnya. Psikologi transpersonal merupakan aliran yang berangkat dari kritik dan ketikapuasan dari para psikolog dan pakar psikologi seperti Jung, Maslow, Frankl dan lainnya. Berbeda dengan aliran psikologi lainnya yang tidak begitu memperhatikan bahkan tidak memperdulikan sisi spiritual manusia, psikologi transpersonal justru terfokus pada bagian dari manusia yang di sebut dengan spiritualitas tersebut.

Aliran transpersonal memang berangkat dari sebuah ide menganai sesuatu yang ‘melebihi’ manusia, karena itu kajian-kajian dalam psikologi transpersonal lebih berkaitan dengan spiritualitas, mistisme, pengalaman puncak, dan sebagainya dalam ranah ilmu pengetahuan. salah satu kajian yang dilakukan dalam psikologi transpersonal misalnya adalah pengalaman-pengalaman para ahli agama, maupun orang-orang yang telah merasakan suatu pengalaman spiritual tertentu. Sekalipun dalam kajian nya kadang melibatkan unsur-unsur agama dan spiritualitas, psikologi transpersonal tidak mengikatkan diri pada ajaran agama apapun.

Dalam psikologi transpersonal, potensi manusia yang sesungguhnya tidak berada dalam fisik manusia, akan tetapi dalam sesuatu yang bersifat non fisik atau spiritual, yang muncul dalam bentuk pengalaman puncak, indra keenam, meditasi, dan lain sebagainya. Perlu di ketahui bahwa pengalaman puncak dalam psikologi transpersonal merupakan suatu pengalaman spiritual yang dialami seseorang, misalnya adalah pengalaman bertemu dengan Rosul, ataupun pengalaman-pengalaman yang menjadi titik tumpu perubahan seseorang kearah yang lebih baik.

Hal yang perlu diingat menganai psikologi transpersonal adalah bahwa psikologi transpersonal tidak sepenuhnya lepas dari aliran-aliran psikologi yang ada sebelumnya seperti behavioristik, psikoanalisis, dan humanistik. Psikologi transpersonal bersama-sama dengan aliran psikologi lainnya berkolaborasi untuk memahami manusia secara utuh dari berbagai sisi kehidupan manusia itu sendiri.