PKKMB dan PendikarPada hari Selasa (7/8) sampai dengan Sabtu (11/8) kemarin, telah dilaksanakan kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) dan Pendidikan Karakter (PENDIKAR) 2018. Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung Fakultas Psikologi Undip. Dalam kegiatan PKKMB, mahasiswa baru menjalani proses kaderisasi yang bertujuan untuk mencetak mahasiswa yang jujur, adil, peka terhadap keadaan sosial, bertika sopan dan santun, kreatif dan inovatif serta berjiwa peniliti dan sinergi. Kegiatan ini diusung oleh Dosen-Dosen Fakultas Psikologi Undip dan Bidang Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa BEM Fakultas Psikologi Undip 2018 dengan bantuan 78 mahasiswa yang bertugas sebagai panitia pada pelaksanaannya. Kegiatan ini diketuai oleh Andrea Maria (2017).

Rangkaian kegiatan ini dimulai pada hari Selasa (7/8), dimana kegiatan pertama pada rangkaian acara ini adalah PKKMB, yang berlangsung hingga sore hari dan disambung pada hari berikutnya. Dalam kegiatan ini, mahasiswa baru diperkenalkan kepada lingkungan serta kehidupan kampus yang tentunya berbeda dengan masa sekolah dahulu. Pemateri yang mengisi rangkaian kegiatan ini adalah para Bapak Ibu Dosen Fakultas Psikologi Undip. Materi yang disampaikan adalah seputar kehidupan kampus yang merupakan hal baru bagi peserta.

Kemudian, pada hari Kamis, 9 Agustus 2018, rangkaian acara bagi mahasiswa baru ini berlanjut kepada acara PENDIKAR, yang terbagi atas beberapa tahap. Pada (9/8), tahap yang dijalani oleh peserta adalah tahap I hingga tahap VII. Kemudian pada hari kedua PENDIKAR, (10/8) para peserta pun menjalani tahap PENDIKAR berikutnya, yakni tahap VIII hingga tahap XI. Di akhir hari, para peserta pun memilih calon komandan tingkat untuk memimpin angkatan baru ini.

Selanjutnya, pada tanggal (11/8) peserta melaksanakan pentas seni perkelompok serta outbond yang diselenggarakan oleh panitia. Outbond ini terdiri dari permainan-permainan kelompok yang membangun nilai-nilai kerjasama, ketangguhan, serta tanggung jawab di dalamnya. Kegiatan ini diakhiri dengan permainan menyusun puzzle angkatan yang diwarnai dengan antusiasme peserta. Setelah itu, apel penutupan dilakukan dan ditutup dengan pengambilan foto bersama.

Penyematan Tanda Peserta